Tips Membersihkan AC yang Tepat sesuai jenisnya

membersihkan AC
Tips Membersihkan Air Conditioner yang Tepat sesuai jenisnya

Membersihkan unit AC dari coil hingga filter akan menghemat uang Anda dan membuat Anda tetap sejuk. Selain itu, OKHOME punya beberapa tips perawatan AC.

Ketika musim panas berada dalam penuh, hari-hari yang sangat panas menjadi normal. Itu berarti AC Anda telah bekerja ekstra, terutama jika Anda suka tetap sejuk dengan tinggal di dalam ruangan. Dan jika Anda selalu ingin udara dingin mengalir dari AC portabel Anda, Anda pasti perlu belajar bagaimana menjaga AC Anda tetap bersih.

Baik Anda memiliki AC sentral atau split-wall, berikut cara membersihkan AC seperti seorang profesional. Plus, lihat tips dan trik perawatan AC ini yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk melindungi diri Anda dari panasnya musim panas.

Seberapa Sering Harus Membersihkan AC?

  1. AC Split Wall

Unit AC membutuhkan pembersihan secara teratur minimal satu bulan sekali.

2. AC Sentral

AC sentral

Untuk unit AC sentral, adalah ide bagus untuk membiarkan profesional memeriksa dan membersihkan sistem Anda sekali setahun. Mereka dapat memastikan tingkat pendinginannya sesuai target, memeriksa kebocoran, dan membersihkan coil.

 

Pertimbangan yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memulai

Ada dua area utama yang perlu difokuskan saat membersihkan unit AC Split-wall: filter dan coil.

filter AC

Filter menghilangkan debu dari udara dan ketika mereka tersumbat, mereka membuat unit AC Anda bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan rumah Anda—itu akan lebih mahal bagi Anda tanpa memberikan hasil.

Coil membantu memindahkan udara panas dan dingin, jadi pastikan mereka tidak tersumbat oleh kotoran dan debu.

 

Tentu saja, untuk beberapa sistem AC (seperti AC sentral), lebih baik membiarkan kontraktor HVAC profesional memeriksa unit, memeriksa saluran udara, dan memastikan beroperasi secara efisien.

 

“Bisnis seperti kami seharusnya keluar dan melakukan perawatan berat padanya, tetapi di antara itu, ada tips perawatan AC yang bisa diikuti sendiri oleh orang,” kata Dave Mejean, manajer HVAC di B&W Plumbing and Heating Co., Inc., penyedia Angi. “Ini seperti mobil: Anda harus membawa montir Anda untuk menyetelnya, tetapi masih ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa itu berjalan juga.”

Apa yang Anda Butuhkan?

Material

Unit AC Split-Wall:

  • Obeng
  • Kain
  • Kuas lembut
  • Botol semprot
  • Sabun pencuci piring ringan atau deterjen ringan

Unit AC Sentral:

  • Obeng
  • Kain
  • Vacuum
  • Selang

Cara Membersihkan Unit AC Split-wall dengan Sabun Piring Ringan

Cara membersihkan AC split-wall dengan sabun cuci piring

 Langkah 1: Matikan Unit

Matikan unit. Untuk tujuan keamanan, selalu ide bagus untuk mematikan daya dan mencabut kabel sebelum bekerja pada unit listrik.

Langkah 2: Lepas dan Bersihkan Tutup

Tergantung pada unit Anda, akan ada penutup depan yang dipasang dengan kait, tombol, atau sekrup.

Konsultasikan manual AC Anda untuk mengkonfirmasi cara melepaskan penutup depan dan membuka unit Anda.

Langkah 3: Lepas dan Bersihkan Filter

Temukan filter, yang biasanya terletak di bagian depan unit. Periksa manual Anda jika Anda kesulitan menemukannya.

  • Debu filter dengan kain.
  • Bilas dengan air hangat dan sabun ringan.
  • Biarkan filter kering sepenuhnya sebelum meletakkannya kembali dalam unit.

Langkah 4: Temukan dan Bersihkan Coil.

Sebagian besar AC Split-wall akan memiliki dua set coil: coil evaporator di depan (di dalam) dan coil kondensor di belakang (di luar).

  • Sikatlah debu dari coil dengan kuas lembut atau kain.
  • Bersihkan debu tambahan dengan botol semprot yang diisi dengan air sedikit berisi sabun.
  • Coba letakkan sedikit deterjen ringan atau sabun pencuci piring di dalam botol jika serpihan sulit dihapus—tapi jangan terlalu banyak sabun sehingga menjadi terlalu berbusa.
  • Keringkan dengan kain bersih. 

Langkah 5: Keringkan Dengan Sempurna

Pastikan semua bagian unit kering. Kemudian pasang kembali penutup depan. Hidupkan kembali unit.

Cara Membersihkan Unit AC Sentral dengan Selang dan Sabun

Langkah 1: Matikan Unit

Matikan AC Anda dan cari lubang udara. Tergantung pada konstruksi rumah Anda, lubang AC sentral Anda mungkin terletak di dinding, di bawah jendela, di langit-langit, atau di lantai.

Langkah 2: Lepas Tutup Lubang Udara

Tergantung pada cara penutup lubang udara Anda dipasang, Anda mungkin perlu menggunakan obeng untuk membuka penutup atau hanya menggunakan tab dorong untuk membukanya.

Langkah 3: Lepas dan Bersihkan Filter

Anda harus menemukan filter tepat di belakang penutup lubang udara.

 Jika Anda memiliki filter yang dapat dicuci dalam AC vent Anda, ikuti langkah-langkah di atas (di bawah Cara Membersihkan Unit AC Split-wall) untuk membersihkannya.

Jika Anda tidak memiliki filter yang dapat digunakan kembali, cukup ganti filter lama dengan yang baru, memastikan panah di filter menghadap ke arah yang benar.

 Langkah 4: Matikan Unit Luar

Untuk melakukan ini, Anda harus menemukan saklar pemutus luar—yang biasanya terletak di bawah tutup lipat dekat unit kondensor.

Langkah 5: Lepas Atas Unit Kondensor

Setelah bagian atas dilepas, gunakan vacuum untuk menghilangkan daun, rumput, tanah, atau serpihan lainnya di atau sekitar unit.

Langkah 6: Semprotkan Unit

Dengan selang, semprotkan dengan hati-hati unit untuk menghilangkan kotoran yang tersisa, pastikan tidak sampai kotak listrik basah. (Gunakan selang, bukan pencuci tekanan—karena dapat merusak sirip.)

Langkah 7: Biarkan Kering

Tunggu 30 – 60 menit untuk membiarkan unit kondensor benar-benar kering sebelum menyalakannya kembali.

Tips Pemeliharaan Musiman dan Perawatan

Langkah 1: Ganti Filter

Untuk unit AC sentral, Mejean merekomendasikan memeriksa filter setiap 30 hingga 60 hari untuk melihat apakah kotor atau berdebu—gaya hidup membuat perbedaan besar, karena orang yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan mungkin harus menggantinya setiap bulan, sementara mereka yang tidak memiliki terlalu banyak pengunjung atau hewan mungkin hanya perlu menggantinya setiap dua hingga tiga bulan.

 Langkah-langkah pencegahan sederhana seperti mengganti filter udara hanya membutuhkan beberapa menit untuk dilakukan tetapi dapat membantu memastikan sistem Anda berfungsi secara efisien dan dapat membantu menghemat uang dalam jangka panjang.

 Langkah 2: Bersihkan Unit Kondensor

Membersihkan unit kondensor di luar adalah bagian penting dari pemeliharaan AC sentral. Ini biasanya hanya perlu dilakukan sekali setahun, tetapi mungkin perlu dilakukan lebih sering tergantung pada lokasi unit Anda dan apakah rentan terhadap banyak serpihan.

“Penting untuk menjaga area sekitar [unit kondensor Anda] bersih dan bebas dari debris,” kata Mika Kleinschmidt, ahli perbaikan rumah dan mitra American Standard Heating & Air Conditioning. “Aturan umum adalah untuk tidak membiarkan tanaman atau satwa liar tumbuh dalam radius 2 kaki dari AC Anda.”

Langkah 3: Hapus Penghalang

Pastikan tidak ada yang menghalangi unit. “Aliran udara sangat penting untuk sistem pendinginan, jadi pastikan tidak ada tempat tidur, lemari, pakaian, buku, atau barang lain yang menghalangi ventilasi unit,” kata Mejean. Untuk unit AC luar ruangan AC sentral Anda, Mejean menyarankan meninggalkan setidaknya 12 inci ruang kosong di sekitarnya.

Langkah 4: Secara Teratur Periksa Masalah Umum

Selalu periksa masalah umum seperti aliran udara lemah, coil berembun, dan kebocoran pada semua jenis unit. Hal ini bisa menunjukkan baik adanya penyumbatan dalam AC Anda atau filter yang tersumbat.

 Langkah 5: Tahu Kapan Harus Memanggil Profesional

Membersihkan AC sendiri memang terlihat mudah, namun rumit jika dipraktikkan langsung. Apalagi jika AC masih berkendala meski sudah dibersihkan. Jika tagihan listrik Anda meningkat tetapi penggunaan secara keseluruhan tetap sama, satu atau lebih komponen sistem Anda mungkin tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Anda bisa mencoba mendengarkan dengan seksama untuk mendeteksi suara aneh ketika sistem Anda menyala.

Jika Anda mendengar suara apa pun, segera panggil teknisi AC profesional dari OKHOME untuk memeriksa masalah AC Anda dengan lebih teliti.

Download aplikasinya di sini