Terima kasih telah mengunjungi situs web (website) okhome.id, aplikasi OKHome Partner (untuk Mitra) atau aplikasi OKHome (untuk Pelanggan) (selanjutnya disebut "Platform").
Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh OKHome dan afiliasinya (selanjutnya disebut, "Kami"). Kami menyarankan pendatang, pengguna, ataupun pengguna terdaftar (selanjutnya disebut "Anda") untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini secara berkala termasuk juga Kebijakan Privasi dan Kebijakan Penalti Pengguna yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Anda di bawah hukum.
Dengan mengunjungi, menggunakan, mengakses dan/atau mendaftarkan diri Anda pada Platform Kami, Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan Umum Penggunaan Platform (selanjutnya disebut, "S&K Umum") ini. Jika Anda tidak setuju untuk terikat dengan S&K Umum ini maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Platform Kami. S&K Umum ini merupakan bentuk Perjanjian yang sah dan mengikat antara Anda dengan Kami.
1. Definisi
1.1. "Afiliasi" berarti (i) setiap individu yang mewakili atau yang berkuasa atas nama Pihak lainnya; (ii) setiap perusahaan atau badan lainnya yang memiliki kendali atas salah satu Pihak, (iii) setiap perusahaan atau badan lainnya yang mana salah satu Pihak memiliki kendali atas perusahaan atau badan lainnya tersebut atau (iv) setiap perusahaan atau badan lainnya yang berada di bawah kendali yang sama dengan salah satu Pihak.
1.2. "Akun" berarti profil Anda yang terdaftar pada Platform kami yang mencakup nama, nomor telepon, email, dan/atau informasi lain yang diperlukan untuk menggunakan Platform, baik dalam melakukan pemesanan layanan maupun berinteraksi dengan pengguna lainnya.
1.3. "Biaya Tambahan" berarti biaya yang dapat dikenakan baik oleh Kami, Afiliasi Kami dan/atau perwakilan tim Kami kepada Anda atas penggunaan dan/atau aktivitas Anda sehubungan dengan penggunaan Platform maupun layanan Kami.
1.4. "Durasi" berarti periode waktu yang ditentukan, pilih dan/atau dipesan oleh Pelanggan pada Tanggal Layanan.
1.5. "Jumlah Staff" berarti total Mitra yang ditentukan, pilih dan/atau dipesan oleh Pelanggan untuk dapat memberikan dan/atau menyediakan layanan.
1.6. "Metode Pembayaran" berarti pilihan pembayaran yang tertuju pada rekening terdaftar OKHome.
1.7. "Mitra" berarti individu yang menyediakan jasa pembersihan termasuk namun tidak terbatas pada mitra cleaner, mitra teknisi AC dan/atau mitra hydro.
1.8. "OKHome" berarti PT Git Gow Ayo.
1.9. "Pesanan" berarti Layanan yang telah dipesan dan telah dilakukan Pembayaran oleh Pelanggan kepada OKHOME, yang dapat dibuktikan dengan diterbitkannya Order ID oleh OKHOME, dan untuk selanjutnya diberikan Layanan oleh Mitra Penyedia Jasa terhadap Objek Jasa di Lokasi yang ditunjukkan oleh Pelanggan
1.10. "Pelanggan" berarti individu atau badan usaha yang membeli atau menerima produk atau layanan pada Platform, baik secara berulang maupun satu kali.
1.11. "Pengguna" berarti setiap individu atau entitas yang mengakses, mendaftar, atau menggunakan layanan, fitur, atau konten yang disediakan oleh Platform, baik secara langsung maupun tidak langsung.
1.12. "Pesan Sekarang" berarti fitur atau fungsi pada Platform yang digunakan oleh Pengguna untuk dapat melakukan permintaan transaksi atau pemesanan layanan.
1.13. "Platform" berarti situs web (website) okhome.id, aplikasi OKHome dan aplikasi OKHome Partner.
1.14. "Syarat & ketentuan" atau "S&K" berarti perjanjian antara Anda dan OKHOme yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Anda dan OKHome, serta tata cara penggunaan sistem layanan OKHome.
1.15. "Tanggal Layanan" berarti adalah tanggal yang dipilih, ditentukan, atau disepakati oleh Pelanggan sebagai waktu dimulainya penyediaan layanan dan/atau pelaksanaan pesanan.
2. Akun Anda
2.1. Untuk dapat menggunakan secara penuh atau sebagian fitur yang tersedia pada Platform Kami, Anda diminta untuk melakukan pendaftaran dan membuat akun pada Platform Kami.
2.2. Anda menyatakan adalah pihak yang cakap dan mampu mengikatkan diri dalam sebuah perikatan yang sah menurut hukum. Dalam hal Anda tidak dianggap cakap dan sah secara hukum, maka silahkan untuk mengakses maupun menggunakan Platform ini dengan pengawasan dan persetujuan dari orang tua atau wali Anda.
2.3. Untuk kepentingan pendaftaraan ini Kami akan mengumpulkan dan memproses informasi yang Anda berikan termasuk namun tidak terbatas pada identitas diri, informasi alamat surat elektronik (e-mail), nomor handphone maupun informasi lainnya yang harus Anda isikan pada Platform. Anda memahami bahwa:
2.3. 1. Anda harus menyediakan informasi secara akurat, lengkap, terkini kepada Kami. Anda juga bersedia untuk menyediakan segala bukti yang dapat membuktikan identitas Anda dan informasi yang Anda sampaikan adalah benar dan dibawah kendali Anda.
2.3. 2. Setelah Anda memiliki akun pengguna, Anda tidak diperkenankan untuk memindahkan dengan cara apapun akun Anda kepada pihak lain untuk tujuan maupun alasan apapun. Anda harus menjaga keamanan akun Anda dengan kata sandi atau identifikasi apapun yang Kami berikan hanya kepada Anda.
2.3. 3. Dalam hal akun Anda telah diambil alih oleh pihak lain tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda, Anda berkewajiban untuk segera melaporkan kepada Kami. Segala penggunaan, transaksi maupun kendali yang dilakukan oleh akun tersebut selama di bawah kontrol pihak lain akan tetap menjadi tanggung jawab Anda.
2.3. 4. Kami berhak untuk melakukan pemberhentian, penutupan, penghapusan, pembekuan akun dan iklan milik Anda baik sementara maupun seterusnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila terjadi hal-hal yang termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi pelanggaran, kecurangan (fraud), pencurian maupun penipuan, terjadinya tindakan kriminal maupun tindakan yang dilarang oleh peraturan perundang undangan (non-compliance), transaksi yang mencurigakan, hambatan praktis, ataupun penyalahgunaan posisi, maupun permintaan dari otoritas pemerintah.
2.4. Anda memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan, membongkar, memodifikasi, melakukan kegiatan penggandaan, dan/atau kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data Platform.
2.5. Anda dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan suatu perangkat keras, lunak, fitur dan/atau perangkat lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis lainnya) yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan Platform seperti namun tidak terbatas pada: (a) memanipulasi data/informasi; (b) setiap kegiatan manipulasi yang dapat merugikan OKHome; (c) pengumpulan data/informasi Pengguna lainnya tanpa izin (harvesting) dan/atau mencuri data Pengguna lainnya; (d) suatu kegiatan otomasi yang dapat merugikan dan/atau mengganggu Platform; dan/atau (e) kegiatan-kegiatan, upaya-upaya dan/atau aktifitas yang dapat diartikan sebagai manipulasi. Dalam hal Kami menemukan pelanggaran dan/atau diduga pelanggaran tersebut maka Kami akan melakukan investigasi lebih lanjut dan berhak untuk memberikan serta menentukan sanksi dan/atau penalti sebagaimana diatur dalam Kebijakan Penalti Pengguna di sini.
2.6. Kami maupun perwakilan Kami tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode one-time-password (OTP) milik akun Anda untuk alasan apapun, oleh karena itu Kami menghimbau kepada Anda untuk tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan OKHome atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
2.7. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian Anda, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh OKHome melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Anda, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Anda.
3. Penggunaan Aplikasi OKHome untuk Pelanggan
3.1. Pelanggan dapat memilih setiap layanan yang dibutuhkan oleh Pelanggan melalui Beranda yang terdapat pada Aplikasi.
3.2. Pelanggan akan mengisi formulir pemesanan yang terdapat di Aplikasi OKHome sebelum membuat pemesanan. Formulir sebagaimana dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada jenis layanan, alamat, jenis lokasi pemberian layanan, Tanggal Layanan, Durasi, Jumlah Staff dan sebagainya.
3.3. Pelanggan dapat memilih gender dari Mitra yang akan melaksanakan layanan sesuai dengan preferensi Pelanggan.
3.4. Dalam hal pengisian layanan telah diisi oleh Pelanggan, Pelanggan akan diarahkan menuju rincian pemesanan dan Metode Pembayaran untuk melakukan pembayaran atas layanan.
3.5. Pesanan dianggap sah dan tercatat dalam sistem Kami serta diteruskan kepada Mitra setelah Pelanggan menekan tombol "Pesan Sekarang" dan melakukan pembayaran.
3.6. Pelanggan dapat memantau status pesanan yang telah dibuat melalui menu "Pesanan".
3.7. Dalam hal Pengguna ingin melakukan penjadwalan kembali (reschedule) atau pembatalan (cancelation) layanan yang sudah dipesan, maka akan mengacu pada
S&K Layanan. Kami mungkin mengenakan Biaya Tambahan atas pembatalan atau penjadwalan kembali sesuai dengan kebijakan Kami.
4. Penggunaan Aplikasi OKHome untuk Mitra
4.1. Mitra wajib tergabung dalam jaringan kemitraan dengan OKHome dan membuat Akun OKHome Partner.
4.2. Mitra dapat memilih pesanan yang akan dilaksanakan oleh Mitra melalui Beranda dari aplikasi OKHome Partner dengan menekan tombol "Pesanan Baru".
4.3. Mitra akan mendapatkan setiap informasi Pelanggan untuk melaksanakan layanan dalam menu Pesanan Baru di bagian "Lihat" dan akan masuk ke halaman detail pekerjaan yang memuat rincian pekerjaan atas pesanan tersebut.
4.4. Mitra dapat mengakses setiap pelaksanaan layanan kepada Pelanggan yang telah selesai dengan menekan tombol "Pekerjaan Anda" yang terletak pada menu "Riwayat Pekerjaan".
4.5. Setiap layanan yang telah diselesaikan, Mitra berhak untuk mendapatkan biaya pelaksanaan layanan sebagaimana diatur secara khusus dalam perjanjian kemitraan antara Mitra dengan OKHome.
5. Harga dan Prosedur Pembayaran
5.1. Ketentuan Harga
5.1. 1. Harga yang tertera dalam Platform adalah harga yang sesuai dengan keterangan pada masing-masing jenis layanan yang tersedia.
5.1. 2. Anda memahami dan menyetujui bahwa apabila terdapat kesalahan harga pada jenis layanan yang dapat disebabkan oleh tidak diperbaruinya (update) dan/atau disegarkan (refresh) Platform akibat dari browser/ISP maka hal ini merupakan tanggung jawab Anda dan tidak dapat dibebankan pada Kami.
5.1. 3. Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap kesalahan informasi harga, jumlah pembayaran, nomor referensi, pilihan metode pembayaran, nomor rekening yang Anda masukkan pada Platform termasuk informasi lainnya yang menyebabkan ketidakbenaran/kesesuaian adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda. Kesalahan dan kerugian yang ditimbulkan akibat dari kesalahan Anda tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban kepada Kami dalam bentuk apapun dan kapanpun.
5.1. 4. Pelanggan memahami bahwa atas penggunaan fitur program dan/atau fitur lain yang Kami sediakan akan dikenakan biaya yang besarnya sesuai pada
S&K Layanan dan/atau
OKProtection.
5.1. 5. Pelanggan memahami bahwa atas setiap transaksi pemesanan yang dilakukan dapat dikenakan Biaya Tambahan oleh Kami, sesuai dengan jumlah yang tercantum dalam tagihan atau invoice Anda.
5.2. Ketentuan Prosedur Pembayaran
5.2. 1. Anda wajib bertransaksi di dalam Platform ini melalui prosedur yang telah Kami tetapkan dan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah Anda dipilih dan tersedia pada Platform ini.
5.2. 2. Setiap pembayaran yang dilakukan melalui Platform wajib menggunakan mata uang Rupiah.
5.2. 3. Setiap dokumen tagihan (invoice) yang Kami sediakan adalah berdasarkan transaksi yang Anda buat dan diterbitkan atas nama Anda baik sebagai Pelanggan maupun Mitra.
5.2. 4. Anda diharuskan untuk memeriksa kembali setiap pembayaran yang telah Anda lakukan dengan detail pemesanan yang Anda lakukan.
5.2. 5. Setiap pembayaran yang dilakukan, Kami tidak akan memungut pajak maupun retribusi terhadap pembayaran tersebut dan oleh karenanya setiap pajak atau retribusi yang mungkin timbul menjadi kewajiban Anda.
5.2. 6. Anda memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan Anda dan pihak selain Kami termasuk juga transaksi selain melalui rekening atas nama Kami ataupun metode yang tidak Kami sediakan pada Platform dan/atau tanpa sepengetahuan Kami (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Platform Kami atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Anda. Anda setuju untuk membebaskan dan mempertahankan Kami dari segala bentuk tuntutan, klaim, gugatan, permintaan ganti rugi dalam bentuk apapun yang mungkin akan timbul baik dari Anda maupun pihak lainnya sehubungan dengan hal ini kapanpun dan dimanapun.
5.2. 7. Kami tidak bertanggung jawab atas penipuan, kerugian, maupun kehilangan yang Anda alami akibat pembayaran di luar Platform Kami, situs atau aplikasi lain atau media apapun selain milik Kami, yang mengatasnamakan Kami ataupun jika itu disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Anda sendiri. Namun demikian Anda dapat menyampaikan laporan tersebut untuk Kami investigasi dan lakukan pemeriksaan terhadap laporan Anda sampaikan sesuai dengan prosedur dan kebijakan Kami.
5.2. 8. Kami mungkin memerlukan informasi atau verifikasi lebih lanjut atas transaksi maupun informasi yang disediakan oleh Anda untuk tujuan validasi dan konfirmasi pemesanan. Apabila Anda memilih untuk tidak mengirimkan informasi tambahan tersebut maka pemesanan mungkin tidak akan selesai dan akan dibatalkan.
5.2. 9. Dalam hal adanya permasalahan-permasalahan transaksi pembayaran yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Pelanggan dan Mitra, dengan mepertimbangkan bukti-bukti yang ada, jika diperlukan Kami berhak mengambil keputusan atas permasalahan tersebut. Keputusan yang Kami ambil adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pelanggan maupun Mitra untuk mematuhinya.
5.3. Ketentuan Pembayaran oleh Pelanggan
5.3. 1. Anda wajib melakukan pembayaran dengan metode-metode sebagai berikut termasuk namun tidak terbatas pada transfer bank ke rekening tertera pada Platform, transfer melalui virtual account, kartu kredit, payment gateway, ataupun pay later yang disediakan dalam Platform Kami.
5.3. 2. Anda wajib memahami bahwa setiap metode pembayaran akan memiliki langkah yang berbeda-beda, Anda bersedia untuk menyelesaikan setiap langkah untuk metode pembayaran yang ada termasuk juga menyediakan kepada Kami bukti pembayaran yang sudah Anda lakukan.
5.3. 3. Pada saat melakukan pembayaran Pelanggan menyetujui bahwa:
5.3. 3.1. secara hukum menyetujui terikat dalam suatu kontrak, perjanjian, kesepakatan penggunaan jasa layanan dengan Mitra.
5.3. 3.2. telah membaca, memahami, menyetujui informasi, deskripsi maupun keterangan atas pemesanan (termasuk namun tidak terbatas pada jenis layanan kebutuhan Anda, ruang lingkup layanan, kendala yang dihadapi);
5.3. 3.3. Tanggung jawab Kami hanya tersedia dan terbatas sebagaimana apa yang dijabarkan pada S&K ini.
5.3. 4. Anda memahami bahwa Kami mungkin dapat memberikan batas waktu tertentu untuk melakukan pembayaran agar proses pemesanan Anda pada Platform selesai. Kegagalan dalam melakukan pembayaran pada jangka waktu tanpa ada konfirmasi atau pemberitahuan sebelumnya kepada Kami dapat berakibat dengan pembatalan pesanan secara otomatis oleh Kami.
5.3. 5. Kami berhak meminta bukti dan konfirmasi pembayaran yang telah Pelanggan lakukan untuk melakukan proses pemesanan, lebih lanjut untuk menjamin keamanan transaksi Anda wajib dan bersedia untuk tidak menyerahkan, memberitahukan atau menyebarluaskan bukti pembayaran kepada pihak selain Kami. Dalam hal terjadi kerugian atau kehilangan akibat tidak dipenuhinya ketentuan ini, Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban.
5.3. 6. Apabila terjadinya keterlambatan proses pembayaran akibat dari perbedaan bank yang Anda gunakan dan rekening bank resmi Kami merupakan tanggung jawab Anda.
5.3. 7. Anda wajib melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran, segala kerugian yang mungkin dialami akibat kesalahan ini adalah tanggung jawab Anda pribadi.
5.3. 8. Pelanggan memahami dan setuju bahwa Kami dapat meneruskan pembayaran yang Kami terima dari Pelanggan kepada Mitra sesuai dengan S&K ini dan kebijakan Kami dan oleh karenanya setiap permintaan pengembalian dana (refund), pembatalan (cancellation), hanya dapat Anda ajukan dengan memperhatikan dan tunduk pada
S&K Layanan.
5.4. Ketentuan Pembayaran kepada Mitra
Mitra mengerti dan setuju bahwa OKHome akan melakukan pembayaran atas layanan yang disediakan oleh Mitra kepada Pelanggan sebagaimana diatur dalam perjanjian kemitraan OKHome yang telah disepakati antara OKHome dan Mitra.
6. Keamanan dan Perlindungan Informasi
6.1. Dalam menggunakan Platform Kami, Anda setuju untuk tidak melakukan:
6.1. 1. Kegiatan yang melanggar hukum atau ketertiban umum dan tidak akan menggunakan peralatan, perangkat lunak, atau teknologi lain apa pun yang dapat menghalangi atau berupaya menghalangi operasi dari Platform Kami.
6.1. 2. Melakukan upaya pemecahan kode (reverse engineering) terhadap Platform Kami, melakukan hal-hal yang bertujuan untuk mencuri data dengan cara apapun dan kapanpun pada Platform Kami.
6.2. Kami melindungi informasi maupun data Anda di bawah kepemilikan atau kendali terbaik yang Kami miliki dengan pengaturan keamanan yang wajar, termasuk prosedur, teknis dan organisasi, untuk mencegah akses, pengumpulan, penggunaan, penyebarluasan, penyalinan, modifikasi, penghapusan yang tidak sah atau risiko yang sama.
6.3. Anda bersedia memberikan hak kepada Kami untuk menerima, mengumpulkan, menyimpan informasi yang diberikan pada saat menggunakan Platform ini. Informasi dan data pribadi tersebut termasuk namun tidak terbatas pada informasi transaksi (seperti: user id,), informasi user (seperti: nama, e-mail, nomor telepon, alamat), informasi non-pribadi yang teridentifikasi (yang tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda) seperti preferensi pencarian, data umum seperti penggunaan internet. Dengan mengkonfirmasi S&K ini maka Anda juga menyetujui bahwa Kami dapat menggunakan informasi maupun data yang Kami peroleh melalui sistem pada Platform dimanapun untuk tujuan yang berkaitan dengan usaha Kami seperti promosi Kami, publikasi ulasan, menawarkan layanan/fitur, atau tujuan lain yang akan Kami beritahukan kepada Anda kemudian.
6.4. Kami sangat menghargai kerahasiaan atas data dan informasi Anda dan oleh karenanya Kami beritikad baik untuk memberikan usaha terbaik Kami dalam mematuhi peraturan maupun persyaratan perlindungan data yang relevan. Lebih lanjut Anda dapat mempelajari ketentuan penggunaan data dan informasi pribadi Anda secara terpisah yang merupakan bagian dari S&K ini di
sini.
7. Hak Kekayaan Intelektual
7.1. Segala hak kekayaan intelektual yang terkandung dalam Platform adalah hak milik Kami, hal ini termasuk namun tidak terbatas pada perangkat lunak (software), teks, data, grafik, gambar, suara, video, merek dagang, logo, ikon, kode html dan kode lainnya di situs ataupun aplikasi ini dilarang untuk dipublikasikan, dimodifikasi, digandakan, direproduksi atau diubah sedemikian rupa dengan cara apa pun tanpa izin tertulis dari Kami. Anda memahami bahwa Kami berhak untuk mengambil langkah secara hukum baik perdata maupun pidana terhadap pelanggaran S&K ini serta memberikan sanksi dan/atau penalti yang dapat Anda akses pada Kebijakan Penalti Pengguna.
8. Ulasan dan Penilaian Pengguna
8.1. Ulasan maupun penilaian (baik dalam bentuk komentar maupun peringkat) yang tercantum dalam Platform Kami, merupakan ulasan dan penilaian yang Kami terima dari pengguna Platform seperti Pelanggan dan/atau Mitra. Kami tidak melakukan verifikasi lebih lanjut terhadap ulasan dan penilaian tersebut, oleh karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan dari setiap ulasan dan penilaian tersebut. Lebih lanjut Kami menyatakan penolakan atas segala bentuk permintaan klaim, gugatan, permintaan kerugian, dan/atau pertanggungjawaban sehubungan dengan ulasan dan penilaian yang ditampilkan tersebut.
9. Laporkan Permasalahan
9.1. Anda dapat memberikan laporan kepada Kami apabila dalam menggunakan Platform terdapat masalah seperti: konten dan/atau komentar yang menyebut dan menyinggung (terkait suku, agama, ras dan antar golongan) dan konten dan/atau komentar yang melanggar kebijakan Kami, termasuk didalamnya terkait dengan hak kekayaan intelektual. Hal ini akan Kami selidiki lebih lanjut dan Kami dapat mengambil dan menentukan langkah-langkah serta sanksi dan/atau penalti terhadap setiap pelanggaran yang terdapat pada Platform Kami. Lebih lanjut Anda dapat mengetahui mengenai tindakan-tindakan penalti penggunaan secara terpisah yang merupakan bagian dari S&K ini pada Kebijakan Penalti Pengguna.
10. Pernyataan dan Jaminan
10.1. Dengan mengaktifkan, menggunakan Platform Kami, maka Anda menyetujui S&K ini sampai dengan kondisi pengakhiran sebagaimana diatur dalam Butir 12 S&K ini.
10.2. S&K ini dianggap sebagai Perjanjian yang sah antara Anda dan Kami. Dengan ini Anda dianggap telah setuju untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan yang tertulis di dalam S&K.
10.3. Dalam hal Anda menggunakan Platform ini untuk dan/atau atas nama pihak ketiga (seperti anggota keluarga, teman, atau perusahaan Anda bekerja), Anda bertanggung jawab atas segala kesalahan dalam keakuratan informasi yang diberikan kepada Kami. Anda berkewajiban untuk memberitahu Afiliasi Anda sehubungan dengan S&K yang berlaku dengan Kami. Dalam hal terjadi kesalahan yang mengakibatkan tuntutan maupun permintaan ganti rugi dalam bentuk apapun oleh Anda atau atas nama Afiliasi Anda, Anda setuju untuk mempertahankan dan membebaskan Kami atas hal tersebut. Lebih lanjut Anda bersedia untuk menanggung dan mengganti rugi setiap kewajiban, kerugian, kerusakan, tuntutan dan klaim termasuk biaya hukum, yang timbul dari dan/atau berkaitan dengan pelanggaran S&K ini.
10.4. Anda tidak akan mengalihkan atau mentransfer hak atau kewajiban Anda dengan cara apapun berdasarkan S&K ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami.
11. Force Majeure atau Keadaan Memaksa
11.1. Keadaan Memaksa atau Force Majeure adalah keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar dugaan, kemampuan dan kekuasaan Kami dan Anda yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan kewajiban sesuai dengan ketentuan S&K ini, diantaranya yaitu: gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, sambaran petir, kebakaran atau bencana alam lainnya, bencana non-alam yang ditetapkan oleh Pemerintah, peperangan, huru-hara, terorisme, pemberontakan, sabotase, embargo, pemogokan umum, kebijakan ekonomi dari Pemerintah.
11.2. Dalam hal pelaksanaan S&K hak dan/atau kewajiban berdasarkan S&K ini, baik oleh salah satu pihak atau pihak lainnya, terhalang, terbatasi, atau terinterferensi oleh alasan Force Majeure ("Pihak yang Terhalang"), maka Pihak yang Terhalang akan memberikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada Pihak lainnya, untuk dapat diberikan pengecualian untuk melakukan kewajiban selama halangan, batasan, dan intervensi, dengan ketentuan bahwa Pihak yang Terhalang wajib menggunakan usaha terbaiknya untuk menghindari atau menghilangkan penyebab dari tidak dapat dilakukannya kewajiban tersebut dan terus melanjutkan kewajibannya berdasarkan S&K ini dengan sebaik-baiknya ketika penyebab tersebut telah hilang.
12. Pengkahiran
12.1. Kami dapat mengakhiri S&K ini secara sepihak dan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Untuk menghindari keragu-raguan, pengakhiran dapat terjadi karena sebab-sebab yang termasuk namun tidak terbatas pada kegagalan memenuhi atau mentaati sebagian atau seluruh S&K ini, terdapat kesepakatan, pernyataan, jaminan atau janji dalam S&K ini yang ternyata tidak benar, tidak akurat atau menyesatkan, terdapat peraturan dan/atau kebijakan dan/atau tindakan administratif Pemerintah seperti penarikan izin operasional atau perintah untuk menghentikan kegiatan usaha yang menyebabkan Kami tidak dapat menjalankan kewajibannya berdasarkan S&K ini.
12.2. Dalam hal terjadinya pengakhiran S&K ini, Anda mungkin tetap terikat pada kewajiban dalam S&K ini, termasuk tetapi tidak terbatas pada jaminan, ganti rugi, pengabaian dan pembatasan kewajiban yang telah Anda setujui sebelumnya.
12.3. Apabila terdapat dana tertahan dalam penguasaan Kami, Anda setuju bahwa Kami dapat sewaktu-waktu mengurangi dana tertahan tersebut untuk memenuhi kewajiban Anda baik kepada Kami.
12.4. Anda sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia sejauh bahwa pernyataan Pengadilan diperlukan untuk pengakhiran S&K ini.
13. Pembaruan dan Tautan
13.1. S&K ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami menyarankan untuk membaca secara seksama dan memeriksa kembali laman S&K ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam S&K yang ada. Anda memahami bahwa versi terbaru dari S&K ini akan menggantikan semua versi sebelumnya.
13.2. Kami dapat menyediakan tautan ke situs ataupun aplikasi lain yang dikelola oleh pihak lain, dan dengan mengklik tautan tersebut Anda menyatakan, mengakui, dan menyetujui bahwa tindakan tersebut adalah tindakan sukarela Anda untuk melihat atau memasuki situs lain yang tidak diawasi atau ditanggung oleh Kami.
14. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa
14.1. S&K ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, sehubungan dengan, terkait dengan S&K ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
15. Penyangkalan (Disclaimer) dan Pembatasan Tanggung Jawab
15.1. Isi dalam Platform ini dibuat dan ada berdasarkan hal "sebagaimana adanya" dan yang "sebagaimana tersedia". Kami menginformasikan dan menyatakan bahwa Kami tidak membuat jaminan atau garansi terhadap:
15.1. 1. setiap fungsi, layanan, produk atau fitur yang ada pada Platform Kami tidak akan terganggu maupun terbebas dari adanya kesalahan, namun setiap kesalahan dan kegagalan tersebut akan segera Kami perbaiki;
15.1. 2. Platform yang tersedia secara gratis terbebas dari virus, malware, atau komponen yang berbahaya, dan/atau Kami tidak menjamin dan bertanggung jawab atas akurasi, otoritas, penggabungan maupun kualitas konten, yang tersedia dalam Platform terbebas dari materi yang berbahaya, tidak pantas, atau kontroversial.
15.2. Kami (termasuk namun tidak terbatas pada afiliasi, direktur, dan karyawan Kami) tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak menuntut Kami untuk bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari kelalaian Anda, ketidakmampuan Anda dalam menggunakan Platform ini, perselisihan Anda dengan pengguna lainnya, pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi atas nama Kami ataupun virtual account yang Kami sediakan pada Platform atau yang dengan cara apapun mengatasnamakan Kami, kelalaian penulisan rekening, informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak Bank, pencemaran nama baik dari pihak lain, maupun isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak lain.
15.3. Kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan kepada Anda sebagai Pelanggan atau Mitra, baik secara langsung maupun tidak langsung yang merupakan kesalahan, kesengajaan dan/atau kelalaian Anda, menghasilkan dari atau terkait dengan penggunaan Platform ini, pemanfaatan atas layanan yang tersedia pada Platform dan/atau atau penggunaan tautan pada Platform, termasuk tapi tidak terbatas pada kerusakan khusus, insidental, atau konsekuensi. Kehilangan manfaat ekonomi bahkan dalam hal Kami telah menyatakan kemungkinan kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi. Perbaikan yang hanya tersedia untuk Anda adalah pengakhiran dalam menggunakan Platform ini.
15.4. Platform yang Kami sediakan merupakan portal web yang menghubungkan antara Anda sebagai pengguna dengan pengguna lainnya (dalam hal Mitra) dan (Pelanggan) dan setiap transaksi yang terjadi merupakan kesepakatan yang telah Anda buat dan pengguna lainnya sehingga batasan tanggung jawab dan peran Kami adalah sebagai penyedia Platform dan terbatas sebagaimana tercantum pada Butir 15. 5 di bawah ini.
15.5. Anda lebih lanjut juga memahami dan setuju bahwa batasan tanggung jawab Kami adalah:
15.5. 1. menyediakan syarat dan ketentuan pada Platform dan sarana pelaporan pada Platform; dan
15.5. 2. berhak melakukan mekanisme penghapusan dan pemblokiran terhadap konten yang dilarang.
15.6. Dalam hal terjadi tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan diantaranya adalah pelanggaran (fraud), ketidaksesuaian, ataupun ketidakpatuhan hukum (non-compliance) yang terjadi maka:
15.6. 1. dibebaskan dari dan terhadap setiap klaim, gugatan, tuntutan maupun permintaan ganti rugi dari pihak ketiga, dan
15.6. 2. kami wajib melakukan penghapusan dan pemblokiran konten yang tidak sesuai serta dapat memberikan informasi yang diperlukan sehubungan dengan pelanggaran dan untuk kepentingan pelaporan serta penyidikan dari pihak yang berwajib.
16. Penggantian dan Pembebasan
16.1. Anda mengerti bahwa OKHome adalah portal web dengan model lokapasar (marketplace) yang mempertemukan Mitra dengan Pelanggan, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi pemberi layanan jasa pembersihan di Platform OKHome. Oleh karena itu transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna Platform OKHome, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab OKHome secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
16.2. Anda setuju untuk mengganti rugi dan membebaskan Kami termasuk Afiliasi, direktur, karyawan, pejabat, dan mitra Kami (selama diperbolehkan oleh hukum), dari dan terhadap setiap dan semua permintaan klaim, tuntutan, pertanggungjawaban, kerusakan atau kerugian termasuk biaya hukum, yang timbul sebagai akibat dari klaim Anda sendiri maupun pihak ketiga terkait dengan:
16.2. 1. Penggunaan Platform (termasuk aplikasi maupun situs Kami) oleh Anda;
16.2. 2. Konten yang diberikan, disediakan atau diakses melalui Platform Kami;
16.2. 3. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Anda;
16.2. 4. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening maupun virtual account Kami, maupun pembayaran dengan cara apapun yang mengatasnamakan Kami maupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
16.2. 5. Virus maupun software berbahaya (seperti: bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Platform Kami;
16.2. 6. Pelanggaran yang Anda lakukan terhadap S&K ini, dan/atau
16.2. 7. Segala tindakan Anda, apakah lalai, melanggar hukum atau sebaliknya.
16.3. Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, Anda melepaskan OKHome beserta Afiliasinya (termasuk namun tidak terbatas: induk perusahaan, direktur, mitra perusahaan, agen, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas ketidaksesuaian, kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap hal yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari transaksi dan/atau penggunaan/penyediaan layanan jasa pembersihan. Dengan demikian maka Pengguna dengan sukarela dan dengan maksud untuk melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
16.4. Anda akan membebaskan dan melepaskan OKHome dari setiap tuntutan, klaim, ganti rugi dan menjaga OKHome dan Afiliasinya (termasuk namun tidak terbatas: induk perusahaan, direktur, mitra perusahaan, agen, dan karyawan), termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar S&K ini, penggunaan Platform OKHome yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
17. Lain-lain
17.1. memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
17.2. S&K ini mungkin telah diterjemahkan dalam Bahasa lain, Dalam hal terjadi perbedaan tentang isi atau penafsiran atau dalam hal terjadi konflik, ambiguitas, ketidakkonsistenan atau ketidaksesuaian antara versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa lain dari Ketentuan ini, versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku, sah dan mengikat.
17.3. Tidak sahnya atau tidak dapat dilaksanakannya suatu ketentuan atau suatu bagian dari ketentuan dalam S&K ini tidak mempengaruhi keabsahan bagian-bagian lain dari ketentuan yang tidak sah tersebut serta keabsahan ketentuan-ketentuan lain dari S&K ini.
17.4. Judul Pasal/Butir dalam S&K ini berdasarkan pertimbangan praktis saja dan tidak dapat dipergunakan untuk menafsirkan isi dari Pasal/Butir dalam S&K ini.
17.5. Produk tertentu yang Kami tawarkan melalui Platform ini tunduk pada syarat dan ketentuan yang dapat diakses
disini. Penerimaan Anda terhadap S&K ini juga merupakan penerimaan terhadap S&K Layanan. Dalam hal Anda tidak yakin apakah tindakan yang Anda lakukan tunduk pada S&K Layanan, silakan hubungi Kami untuk mengonfirmasi sebelum Anda melakukan transaksi terkait layanan tersebut.
17.6. Lebih lanjut apabila Anda mengalami permasalahan ataupun sekedar ingin mengajukan pertanyaan, Anda dapat melakukan kontak dengan Kami di bawah ini:
17.7. Apabila Anda menerima informasi dari selain nomor maupun email yang tertera pada Platform ini yang mengatasnamakan Kami mohon untuk berhati-hati dan melakukan pengecekan kembali.
Diperbaharui pada tanggal 08 Agustus 2025.
© OKHome.id